Keutamaan Hari Jumat dalam 7 Hari - Sebelum hari Jumat para umat muslim didunia ini sungguh sangat menghormati Keutamaan malam Jumat dan dilanjutkan ibadah mereka pada hari Jumat itu pula. Karena diyakini oleh umat muslim sejak zaman Nabi Muhammad SAW hari Jumat adalah hari paling terbaik dari pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Ada apakah dengan hari Jumat, mengapa ada hari Jumat, dan bagaimana cara memaksimalkan Ibadah pada hari Jumat akan di bahas oleh kawan kami di bawah ini.

Keutamaan Hari Jumat dalam 7 Hari

Keutamaan Hari Jum’at

1. Hari paling utama di dunia
Ada beberapa peristiwa yang terjadi pada hari jum’at ini, antara lain:
  • Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga.
  • Hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi.
  • Hari akan terjadinya kiamat.

Sementara keutamaan hari Jumat adalah yang sudah dijelaskan pada no 1. di atas yang kami dapat juga dari membaca artikel yang bersumber di : http://muslimah.or.id/akhlak-dan-nasehat/ternyata-hari-jumat-itu-istimewa.html. Dan kita sebagai kaum muslim kita harus menyakin hal tersebut karena memang sudah pernah dijelaskan di dalam kitab suci Al-Quran bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jumat (namun siapa tahu juga hal itu bukan urusan manusia untuk mengetahuinya hanyalah wajib bagi manusia untuk mempersiapkan diri sebelum hari itu datang) Yang sebenarnya Hari Kiamat hanya Allah yang bisa menentukan kapan terjadinya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda demikian :
“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Dijelaskanlah dalam Sabda Nabi Muhammad SAW bahwa hari Jumat (Pada hari itu juga kiamat akan terjadi) jika Nabi yang berkata maka kita sebagai umat yang dipimpin oleh Beliau wajib mengikutinya. Dan semoga kita masih diberikan kesempatan untuk bisa memperbaiki diri di Jumat ini.

2. Waktu yang mustajab untuk berdo’a

Jadi pada hari Jumat pula diyakini oleh umat muslim di dunia menjadi hari yang paling mustajab untuk berdoa dan pengertian dari mustajab itu sendiri adalah : Mujarab, paling manjur (dengan maksud bahwa jika berdoa pada hari Jumat maka doa tersebut akan manjur / dikabulkan oleh Allah SWT.)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari jumat lalu beliau bersabda :
“Di hari jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Taala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

Menurut saya jika kita sudah membaca poin yang kedua mari kita lakukan bacan doa dan kita awali dengan bacaan alfatihah. Selanjutnya baca surat Al-ikhlas 3x karena dengan demikian kita sama dengan menghatamkan Al-Quran dengan 1 malam saja. Dan berdoalah kepada Allah SWT semoga doa kawan - kawan di kabulkan. Ada 2 waktu yang paling diyakini oleh para ulama untuk berdoa pada hari Jumat tersebut yaitu yang pertama pada waktu antara duduknya Imam sampai sholat dilaksanakan dan batasnya sampai setelah ashar saja waktu yang paling mujarap itu terjadi di hari Jumat.

Berikut Contoh Amalan yang bisa anda lakukan di Hari Jumat :
  1. Memperbanyak Sholawat 
  2. Membaca Surat Alkahfi
  3. Memperbanyak Doa
  4. Amalan-amalan shalat jum’at (wajib bagi laki-laki)
  • Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian.
  • Berpagi-pagi menuju tempat shalat jum’at.
  • Diam mendengarkan khatib berkhutbah.
  • Memakai pakaian yang terbaik.
  • Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.

Oke sampai ketemu lagi untuk berdoa di Jumat yang akan datang kawan dan kami ucapkan terimakasih pada http://muslimah.or.id yang telah memberikan pencerahan artikel mengenai keistimewaan Hari Jumat yang lebih baik dari 6 hari selainnya. Jadilah Bikers yang taat Beragama kawan agar kehidupan kita menjadi lebih tertkontrol dan lebih memberkahi dan juga bermanfaat untuk orang lain dalam jangka waktu yang Unlimited Aamiin.