Honda CBR150R sudah menggunakan desain body yang sangat kokoh dilengkapi dengan fairing dan sistem Full Injection, namun hal itu tetap saja masih belum bisa menyaingi penjualan dari kawasaki ninja 150rr entah mengapa para pemuda lebih suka dengan kawasaki Ninja yang dijuluki (si garang loncat). Karena tinggal gas diplintir dikit ini motor udah bisa loncat gan tarikannya sungguh menggemaskan. Sangat enaklah pokoknya untuk segala kondisi dalam perjalanan. Tapi jika agan cuma menggunakannya untuk santai ya menurut ane sihh gapapalah dari pada mengakibatkan bahaya diri kita sendiri.
Itu sedikit pendapat saya megenai julukan si garang loncat.
Untuk spesifikasi Kawasaki Ninja 150RR ini, Om Om dan Brasist bisa melihatnya dengan details di sini :
Spesifikasi Kawasaki Ninja 150 RRCoba Antara Ninja 150RR dan New Honda CBR150R shobat bedakan Spesifikasinya ini akan saya berikan juga spesifikasi Honda CBR150R :
Type Mesin : 2 Langkah, Crankcase Reed Valve, KIPS, RIS
Diameter x Langkah : 59.0 x 54,4 mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu Buah & 148 cc
Perbandingan Kompresi : 7,2 : 1
Sistem starter : Kick starter
Jumlah Transmisi : 6 Tingkat Kecepatan, constant mesh, return shift
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-5-6
Daya Maksimum : 22,1 KW (30 PS)/ 10.500 rpm
Torsi Maksimum : 2,2 kgfm/9000 rpm
Karburator : Mikuni VM 28
Drive Ratio Keseluruhan : 7.7836 @ Top Gear
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumasan : Oil Injection
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Wet Multi Disk
Tipe Sistem Final Drive : Chain drive
Rasio Reduksi : 2.785 (39/14)
Busi : NGK B 9 ECS
Panjang x Lebar x Tinggi : 1.965 x 725 x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.300 mm
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air/Radiator
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,2 Liter
Kapasitas Pelumas Transmisi : 0,87 Liter
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 11,5 Liter
Berat Kosong : 124,5 Kg
Tipe Rangka : Double Cradle Frame
Jarak Terendah ke Tanah : 131 mm
Tinggi Tempat Duduk : 780 mm
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Monoshock suspension
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Cakram Twin Pot
Ukuran Ban Depan : 90/90 – 17″ 49S
Ukuran Ban Belakang : 110/80 – 17″ 57S
Pelek Roda : Cast Wheel Aluminium Aloy
Spesifikasi Motor Honda CBR 150R
Dimensi (P x L x T) : 1.977 x 701 x 1.130 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.310 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 190 mm
Ketinggian Tempat Duduk : 797 mm
Berat Kosong : 138 kg
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Mono Suspension
Radius Putar Minimum : 2.400 mm
Rangka : Pola Berlian (Diamond)
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 13.1 liter
Ukuran Ban Depan : 100/80-17M/C 52P
Ukuran Ban Belakang : 130/70-17M/C 62P
Rem Depan : Cakram hidrolik, dengan Piston Ganda
Sistem Pendinginan : Pendingin Cairan (Radiator) dengan Kipas Elektrik
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi : (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Tipe Mesin : CS150RE, 4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
Diameter x Langkah : 63.5 x 47.2 mm
Volume Langkah : 149.4 cc
Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 liter
Starter : Starter Elektrik
Sudut Caster/Trial : 25’00 / 90
Sistem Pengapian : Full-Transistor Battery Ignition
Kopling : Wet Multiplate with Coil Springs
Transmisi : Constant Mesh 6-Speed Return
Pola Perpindahan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Dengan perbedaan spesifikasi motor premium ini pasti banyak yang unggulkan CBR150R untuk teknologi tapi jangan kaget ya jika nanti dijalan, pasti anda akan menjumpai lebih banyak Kawasaki Ninja 150RR yang bececeran. Dan jangan kaget pula kalau ternyata larinya lebih kuencengan Kawasaki Ninja 150RR dengan suara garang nyaring andalan motor Ninja dengan mesin 2 tak berkombinasi dengan Kips. Ini hanya sebagian pendapat kecil yang pernah saya temukan dan rasakan jika teman - teman punya pengalaman lain bolehlah kalian evaluasi pengalaman saya dengan kenyataan yang pernah kalian jumpai.