Modifikasi Yamaha Xeon RC VS Honda Vario CBS - Pada modifikasi Xeon RC dan perkembangan teknologi yang dimiliki oleh Honda Vario ini memang keduanya memiliki titik kesamaan dan perbedaan. Nah untuk kesempatan saat ini kita akan bedah sedikit mengenai kesamaan dan perbedaan kedua motor ini yang terus bersaing dalam kelas 125 CC. yang pastinya semua motor ini sudah menganut aliran Full Injection untuk membuat kalian dapat menghemat sedikit uang, pada segi inilah kesamaan yang sangat adil karena 2-2nya menggunakan sistem Injeksi meskipun penamaan yang berbeda untuk Vario, dengan PGM-FI untuk Xeon RC dengan YMJET-FI.

Pada tampilan muka kedua motor ini perbedaan akan terlihat secara fisik di bagian headlamp, untuk yamaha xeon masih menyisakan kedua lampu left / right sedangkan pada honda vario lampu tersebut tidak diletakkan sama dengan milik yamaha, akan tetapi peletakan lebih terfokus pada bagian front body ikut dengan lampu penerangan utama. Tetapi pada Modifikasi Yamaha Xeon RC terbaru sudah meletakan lampu left / right berada di samping pojok atas lampu utama sehingga persaingan sekarang imbang.

Honda Vario CBS

Pada bagian roda depan kedua motor tersebut menggunakan spesifikasi ukuran ban yang sama untuk standart kendaraan skutik 125CC. Namun letak perbedaan adalah saat motor ini diparkir akan terlihat bahwa Honda Vario lebih mempunyai rongga karena shock depan mungkin agak panjang gunanya untuk membuat kita nyaman saat melaju mengenai benjolan dijalan entah polisi tidur atau jalan berlubang. Dan pada Yamaha Xeon tidak terlihat rongga sebanyak itu karena memang shock depannya dibuat untuk mengutamakan akselerasi motor.

Fitur Keamanan Yamaha Xeon, Honda Vario

Semua orang pasti akan menanyakan amankah motor ini jika saya parkir ditempat parkir yang katanya rawan peminjaman motor tanpa ijin kemudian tidak dikembalikan ? kalau dikembalikan mah itu tetangga saya ada kadang pinjem gak ijin soalnya emang saya kadang parkir motor suka gak cabut kunci, pernah sampai kunci di umpetin satpam sampai 24 jam baru dikembaliin bro .... akakak.

Yamaha Xeon RC

Oke pada keamanan roda keduanya tidak memasang pengait cakram seperti motor motor honda yang sebelumnya. Namun sudah diringkas dan teknologi penutup lubang magnetik sehingga akan mempersulit orang iseng pinjem motor tanpa ijin. Tapi tetep harus cabut kunci gan kalau gak kamu cabut bisa bisa orang lain bawa motor elu pergi dan elu bisa mewek sepuasnya deh. Jangan lewatkan kesempatan sekecil apapun untuk selalu mencabut kunci saat parkir. Uniknya pada Yamaha sekarang menggunakan ulir kunci yang berbeda dari pada kunci motor yang lainnya yang masih bisa di teliti oleh para ilmuan peminjam motor tanpa ijin.

Untuk bagian bagasi kedua motor tersebut sudahlah tak usah kalian memperdulikan soal bagasi kalau masih kurang bawa aja bagasi pasangan gan hahaha. karena Honda dan Yamaha sudah menyiapkannya dengan ukuran yang lumayan guede untuk kalian manfaatkan secukupnya. Apalagi dibagian depan sebelah sisi kiri kunci terdapat seperti tempat minum bisa, karcispun bisa, menaruh handphone juga bisa tapi hati hati ya menggunakannya.
Yamaha Xeon RC
Yamaha Xeon RC GP Edition

Lanjut ke spesifikasi Kedua motor skutik ini
Spesifikasi Lengkap Yamaha Xeon RC yang dibandrol seharga Rp 15juta 100ribuan doang

DIMENSI
Jarak Sumbu Roda: 1265 mm
Jarak terendah ke tanah: 760 mm
P x L x T: 1855 mm x 700 mm x 1070 mm
Berat isi: 101 kg
Kapasitas tangki bensin: 3.8 Liter
RANGKA
Tipe Rangka: Underbone
Suspensi Tunggal Ban Depan: 70/90-14M/C 34P
Suspensi depan: Teleskoplk
Suspensi belakang: Unit swing,
MESIN
Tipe mesin: 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin cairan
Diameter x langkah: 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi: 10,94 : 1
Jumlah / Posisi silinder: Cylinder Tunggal
Volume Silinder: 124,86 cm3 
Daya Maksimum: 11,4 PS ( 8,4 kW ) / 9000 rpm
Sistem bahan bakar: Fuel Injection System ( YMJET-FI )
Tipe Kopling: Kering, Kopling sentrifugal
Tipe Transmisi: V-belt otomatis
Pola pengoprasian transmisi: Otomatis
Sistem starter: Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan: Basah
Kapasitas oli mesin: Total : 0.90 Liter / Perawatan Berkala : 0.80 Liter
KELISTRIKAN
Battery: Y1Z5S
Tipe Busi: NGK/CR7ESistem pengapian: TCI ( transistor Control Ignition )

Honda Vario CBS

Spesifikasi Lengkap Honda Vario CBS 2013 dibandrol harga fantastis Rp.15juta 900ribuan aje coy

DIMENSI
Jarak terendah ke tanah: 128 mm
Berat kosong: 112 kg
Dimensi (P x L x T): 1,918 x 689 x 1,103 mm
Jarak sumbu Roda: 1,281 mm
RANGKA
Rangka: Tulang punggung
Suspensi depan: Teleskopik
Rem depan: Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang: Tromol
Suspensi belakang: Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Sistem Pengereman: Tromol (Tipe STD)
Combi Brake System (Tipe CBS ISS)
MESIN
Tipe mesin: 4 langkah, SOHC
Starter: Pedal & Elektrik
Busi: ND U22EPR-9, CPR7EA-9
Sistem Bahan Bakar: Injeksi (PGM-FI)
Volume langkah: 124.8 cc
Perbandingan kompresi: 11,0 : 1
Sistem pendinginan: Pendinginan udara dengan cairan
Diameter x langkah: 52,4 x 57,9 mm
Daya maksimum: 11,3 PS / 8500 rpm
Torsi maksimum: 1,1 kgf.m / 5000 rpm
Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe kering
KELISTRIKAN
Aki: 12 V – 5 Ah (tipe MF)
Sistem pengapian: Full transisterize, Baterai
KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar: 5.5 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin: 0,8 liter pada penggantian periodik
Transmisi: Otomatis, V-Matic

Oke kan kalau sudah jelas perbedaan persamaan antara Honda Vario CBS dengan Yamaha Xeon RC mari yang ingin mempunyai salah satu atau bahkan kedua motor ini untuk di pajang dirumah nabung yuk. Atau yang sudah ada budget silahkan aja hubungi dealer motor terdekat untuk segera memproses pembelian dan semoga sukses untuk pembelianya broo salam hangat simple modifikasi motor.